Senin, 22 Agustus 2011

FINISHING THE UNFINISHED


Setahun sudah karya Victor Hugo, The Hunchback of Notre Dame kubeli. Tadi malam, dengan tekad membara aku berjanji akan menyelesaikan karya klasik itu. Pasalnya, aku kadang tertegun di satu titik ketika membacanya. Karena sudah begitu lamanya buku itu dalam proses 'dibaca' sampai-sampai ada beberapa detail yang sudah kulupa.

Tinggal sekitar 30-an halaman terakhir, sekitar pukul 9 malam, tiba-tiba seorang kawan baik menelepon. Percakapan mengalir ke sana ke mari saat dia memastikan bahwa ia menelepon karena sudah menggunakan fasilitas 'temon' yang kebetulan ingin ia habiskan untuk menghubungi seorang gebetan. Apa daya, teleponnya tak diangkat sang gebetan. Jadilah aku kambing congek untuk menghabiskan pulsanya yang sudah terlanjur terpotong.

Jam 11 malam baru hubungan kami terputus. Kelihatannya 'temon' sang kawan sudah habis. Mata sudah mengantuk, untunglah tekadku masih membara. Karya penulis Perancis itupun selesai pukul setengah satu malam. Akhirnya, selesailah pekerjaan yang belum selesai itu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar